pemeliharaan menjelang dan setelah melahirkan

Penyediaan kotak beranak sebaiknya dilakukan pada hari ke 25–28 menjelang kelahiran. Kotak beranak dilengkapi dengan bahan yang dapat membuat kenyamanan dan kehangatan bagi anak-anak kelinci seperti rumput kering, limbah serutan kayu dan lainlain. Kelinci kebanyakan melahirkan pada malam hari, setelah itu itu induk sangat lelah dan butuh istrihat, induk kelinci tidak mau diganggu sampai pulih kembali.
Apabila umur kebuntingan sudah mencapai 33 hari tetapi masih belum beranak, maka dapat dilakukan rangsangan hormonal untuk membantu proses kelahiran. Pemberian hormon dilakukan dengan menyuntikan hormon oxytocin dengan dosis 0,1 cc/kg bobot
hidup. Setelah induk disuntik hormon harus diawasi agar kelinci tidak beranak di luar
kotak. 3-5 menit setelah penyuntikan biasanya akan beranak

ketika mau melahirkan, maukan kotak lahir yang udah diisi jerami atau rumpt kering pda umur 28 hari, hal ini dimaksdkan agas si induk tidak kaget, kelinci melahirkan akan merontokkan bulu2mreka dibagian perut untuk melindungi si anak, kelinci melahirkan,biasanya ada anak mreka yg lahir di luar kotak melahirkan,nah klo uda trjdi kyk bgtu, jngan panik,enang lalu masukan anknnya kembali k kotak,tpi ingat JANGAN DENGAN TANGAN KOSONG, cs bgi beberapa induk bau khas dri anakan mreka adalh tnda bahwa mreka anaknya,jadi klo uda bau makhluk lain mreka kbanykan tdak mau menyusi si anak.
jika ada induk yg tidak mau menyusui anaknya,taruh si anak pada klinci lain yg sedang menyusui,dengan cara menggosok2kan si anak ke bdan si induk, biasanya cara ini efektif jika si anak umurnya kurang dari 5 hari, jika saat penggabngan anak dengan induk lain trjadi kontra atau si infuk tidak mau,cri indk yg lain lagi atau kempblikan si anak ke induk asalnya.
induk menyusui anak2nya biasanya pda malam hari

Leave a Reply